20170307

Quick Update 2015/2016

Penulis blog mana yang doyan banget nulis quick update? Jawabannya pasti saya. Udah demennya nulis quick update, jarak satu quick update ke quick update yang lainnya panjang banget. Zz. Maaf ya. Saya semakin yakin yang baca blog ini cuma saya di masa depan, jadinya yang saya tulis cuma dan hanya akan jadi konsumsi saya (bak nulis buku diary jaman SMP).

Hmm... dimulai dari mana...

Marilah kita mulai dengan I'M OFFICIALLY BACK FOR GOOD TO INDONESIA!! (Yes. Setahun yang lalu bulan September 2015, tepatnya ulang tahunnya al-fatih, tepatnya lagi ga tau).
Dan saya sudah mulai kerja di Kotak Design bulan November 2015 setelah panik-panik sebulan belum dapet kerja.


Pengumuman selanjutnya dan yang terpenting adalah saya officially has a boyfriend bahahaha #kenapaketawa
Saya nulis ini waktu jam kantor dan lagi ga ada kerjaan, jadi saya parno tiba-tiba si bos muncul di belakang saya terus ngagetin, "Hayo nulis apa kamu" secara saya dan si babang masih backstreet parah di kantor. Masih dalam pertimbangan apa saya harus pasang foto juga yah disini. Karena kalo tiba-tiba ada anak kantor yang stalking kan bisa berabe. Kenapa kamu suka bikin sulit hidup kamu sendiri sih kenny. Nah coba tebak aja di atas yang mana orangnya :p

Berita yang selanjutnya (yang ga kalah penting) adalah... saya nonton EXO! Bareng temen dunia maya saya si Rere Nicorobin dan dua temennya si aiux dan adhelia. Akhirnya setelah ngefans dan dijatuh bangunkan oleh grup mereka (dan tiga personilnya yang udah keluar. Hix.) sejak bertahun-tahun yang lalu, akhirnya semua terbalas dengan nonton live di row paling depan (you won't believe how much money I spent on them, cuma pengen nonton dedek-dedek aja muahalnya..) 
That night was great. Super great. Even greater than everything I've imagined. 
Karena deket banget, saya juga ngeliat betapa mulusnya muka mereka haha Oh Sehun ganteng banget he was like popped from my laptop. Kim Jongin ganteng super ganteng. Chen. Don't say anything about him. He's mine #mulaihalu dan KIM JUMYEON. oh gosh suho. don't start. 




Berturut-turut sahabat saya waktu SMA nikah, Devita, Potty, Acha. Dan meninggalkan saya dalam kebelummenikahan (does that word even exist?). Happy for them! 
Dan si kinano juga! Kaget banget waktu dia bilang he has met the one, and then he got officially engaged, dan bakalan nikah taun depan! Tau cerita cinta dia sejak dia curhat di cusanus tahun 2009 dan saya maki-maki ga usah cerita-cerita lagi ke saya, trus dia jadian sama si ini dan si itu akhirnya dia ketemu sama Fira ini. So happy for them! Semoga lancar sampe hari H ya tut! 

Yang paling penting dari yang paling penting lainnya adalah mas abim dan teteh (akhirnya) nikah bulan Agustus kemarin dan mengakhiri status putus nyambung mereka yang terkenal notorious itu. Six years and finally they can restart counting their real anniversary :D 

Kenapa semua reportnya tentang menikah dan melamar gini sih ya.... mari kita berdoa ajalah ya. #berdoamulai

xoxo, 
Kania



20161025

Efforts x 2 = Kania's Formula

Wew. setelah berjuta-juta tahun skip nulis blog dan banyak hal kejadian tanpa diabadikan, akhirnya saya buka-buka blog ini juga. Berawal dari buka blog satri yang masih bikin ngakak aja kalo dibaca, buka blog mas abim, buka blog dek imes, buka blog mas ivan, blog mailida, dan ternyata masih ada beberapa orang yang update blognya dengan setia (kata saya, si pengkhianat) dan setelah bersih-bersih debu, saya nemu draf ini!! Tentang kegagalan saya di masa lalu yang wajib untuk dimuseumkan, wajib untuk diinget, dan menjadi dasar semua cerita-cerita saya di masa depan. Draf ini ditulis tanggal 19 bulan Juli tahun 2015, disaat saya masih ada di negeri seberang.

***

Ada satu cerita penting yang harus banget saya tulis disini. Teasernya udah ada di instagram dari tahun lalu, tapi baru aja punya waktu *smirk* buat nulis. 

Pernah tau fenomena social media? Pernah follow account IG, twitter, path, facebook, dari temen-temen kamu, atau famous person yang isinya jalan-jalan kesini, makan-makan disana, kumpul-kumpul sana-sini? Have you been wondering what they do for a living? Kok seneng-seneng terus kerjaannya? Duit ngocor? >>>> sirikX100 

Saya pernah. Ga beda, saya juga sedikit banyak posting ini itu tentang kehidupan saya di IG/Path/FB; jalan-jalan, makan-makan, kumpul-kumpul. Tapi saya juga pengen nyeritain kehidupan saya yang ga selalu mulus. Kata bapak, "Sing kepenak wae, kalo nggak ada ya jangan diada-adain. Merendah itu lebih baik," 

Nah dari situ. Saya juga belajar jujur sama diri saya sendiri. Sama social media. Saya berusaha nggak nulis cuma bagian seneng-senengnya aja. Toh the bads and the goods, the black and the white, itu semua milik saya, dan itu semua yang ngebuat saya ada di sini. detik ini.  

Udah pernah baca post ini? When you hit rock bottom? Kalo udah, berarti udah pada tahu kalo perjalanan saya sampe disini itu berliku-liku. Cari kuliah, harus patah hati ninggalin indonesia dulu, waktu naik level ke Studienkolleg, harus prüfung dulu ohne Befreiung (kayak temen2 saya), harus pake pindah uni dulu, buat dapet tempat dimana saya bisa whispering, "I belong here," dan kali ini... saya nggak lulus Bachelor Prüfung. :( 

Kejadiaannya sekitar tahun lalu, Summer 2014. 2014 was hard. Kris dan Luhan ninggalin EXO (harus ya ken dibawa2), ada masalah di keluarga besar, dan ini pula pake nggak lulus ujian.

Saya ngerjain tugas akhir dengan sepenuh hati. Dari awal saya dan temen2 yang milih Prof. Puetz, udah rada mikir2; ini Prof. suka tega banget emang. Saya pernah denger dia nggak ngelulusin foreign students di second trial (di jerman istilah HER atau ngulang cuma diperbolehkan 2x untuk TA, kalo ga lulus untuk yang kedua kalinya, mereka di DO paksa), yang akhirnya mereka harus pulang ke negara masing2 nggak pake gelar :( 

Tapi ya saya mikir juga, "Hard work will never betray you," jadi di semester itu saya kerja ekstra keras. Karena emang udah terakhir juga ya. Disetiap session sama dia, dia selalu manggut-manggut dan setuju sama apa yang saya tawarkan; konsep gedung, dll dsb. Dia selalu setuju. Dan tiba2 di hari ujian.... tada!! Surprise! 

Ada professor lain yang dateng waktu hari saya ujian. Prof ini pernah ngebimbing saya di semester empat waktu saya ikut lomba arsitektur, dan kemungkinan besar dia udah punya high expectation, karena di semester empat, saya sempet menang juara dua di lomba itu. Setelah saya presentasi dan sesi tanya jawab (it was not even a question, it was more like statement) si Prof kedua ini bilang bahwa dia sama sekali nggak ngerti sama konsep yang saya bikin (wthhhh), itu ga masuk diakal bla bla bla. Dan yang bikin saya nggak ngerti lagi, si prof saya yang pertama, cuma manggut-manggut nge-iyain bahwa apa yang si prof 2 kasih tau itu bener? hah? padahal setiap minggu saya konsultasi sama dia, semuanya baik-baik aja. dan tiba-tiba dia nge-iyain bahwa konsep saya juga ga masuk akal? what? nochmal? 

Dan pada akhirnya saya nggak dilulusin dengan embel-embel, "Kami tahu kamu murid yang baik. Kami tahu kamu bisa lebih baik dari ini," ya ya ya /rolling eyes/ 

Patah hati. Itu bulan puasa dan saya yang lagi puasa 19 jam, tiba-tiba ketiduran habis nangis dan memperpanjang puasa jadi 23 jam. huks. 

Di semester selanjutnya, saya harus ngerjain ulang dengan pressure yang lebih besar. Takut nggak lulus, takut ngecewain orang tua, ngerasa ga berbakat, semua yang negative berkumpul jadi satu, berteman, menikah, dan bereproduksi. That was hell.

Waktu itu perasaan saya naik turun ga keruan. Setiap harinya selama enam bulan penuh! Saya bisa nih telfon vindi untuk curhat jam delapan pagi, nangis-nangis karena depressi, dan sepuluh menit kemudian ketawa-ketawa ngomongin korea. Setahun aja kayak gitu, saya bisa gila.

Pernah nih, saya merasa feeling good dengan hasil koreksi saya hari itu, dan terus ngerjain di kampus sampe malem. Jam 12 malem saya pulang dari kampus jalan kaki di sekitaran Kaiserswertherstr, masang earphone dan iPod dan tiba-tiba keputer lagunya sheila on 7 yang "Selamat Datang" dan saya bisa mewek sesenggukan sepanjang jalan.

Lagu-lagu keramat yang nggak boleh keputer sembarangan adalah "Selamat Datang" dan "Perhatikan, Rani" -nya Sheila on 7, The Climb-nya Miley Cyrus, dan Fear-nya Song Mino ft. Taeyang (tetep harus ada koreanya). Sekali denger lagu itu, saya bisa langsung mewek ga berhenti (lemah kamu, dek!)

Yang paling sedih adalah seumur hidup baru kali ini saya baru ngerasain beneran namanya nggak bisa tidur. Puncaknya adalah empat malam berturut-turut ga bisa tidur. Saya sebagai anak yang gampang banget tidur dan suka merasa rugi kalo tidur (makanya hobi nonton korea sampe jam 3 pagi), dan kali ini dapet insomnia, it felt like hell. Rasanya udah capek, dan harus bangun jam 5 pagi untuk ngerjain tugas, tapi jam 4 saya masih belum bisa tidur. oh gosh. Kalo inget itu aja sekarang saya masih trauma.

Tapi alhamdulillah, saya bisa ngelewatin itu semua :") untuk orang lain mungkin lulus S1 sesuatu yang biasa, apalagi lulus di umur 24, itu bisa aja jadi hinaan seumur hidup. Tapi untuk saya, ijazah ini adalah sesuatu yang precious. Bukan cuma karena kesuksesan saya, tapi itu jadi pengingat seumur hidup bahwa saya pernah gagal, bahwa saya bisa bangkit lagi setelah saya jatuh.

Alhamdulillah.

***

Nyesel banget cerita ini baru bisa dipost sekarang. Semoga bisa menginspirasi orang-orang disekitar, kalaupun enggak, saya yakin ini akan menginspirasi saya sendiri di masa depan. Amin.

Jadi apa hubungannya dengan EffortsX2=Kania's Formula?

Saya memang tidak brilliant dari dulu, bukan tipe pelajar yang effortlessly dapet ranking 1 tanpa belajar. Bahkan dengan belajar pun saya bisa tetap gagal. Tapi ga papa, karena itu hidup saya, saya yang jalani, walaupun saya harus kasih effort 2 kali lebih banyak sebelum saya sukses. Dan saya ulangi lagi kata-kata si prof Niess (yang pernah nggak ngelulusin saya itu), yang pernah saya tulis juga di blog ini,

"When you decide to go back, you won't go all the way back to your start point, but one step further with more knowledge and definitely stronger than before"-Prof.Robert Niess

Bismillah to the future!


xoxo

PS. updated with photographs. Sayangnya foto2 yang lain ilang huhuhu TT.TT kayaknya ada di kamera tapi entah siapa lupa yang ngapus

Kania dan maket, jam 10 malam sebelum hari pemancungan

Kania dan Meral, si turki BFF, muka uwel-uwel setelah naik-naik meja pasang plot A1

Nopi, Kania, dan Arzu, sebelum penyerahan ijazah.. sayang foto yang lain hilang hiks<3 :="" foto="" hilang="" lain="" sama="" sayang="" td="" temen2="">

Kania dan kesayangan, Novindi, what can I do without you nopiii <3 nbsp="" td="">









20150616

25

you’re 25 and your home smells like you don’t quite know what you want out of life. you’re 25 and you’re saying, “i’m fine” to no one in particular, because there’s no one around to ask. you’re 25 and you’ve spent half your life listening to your own pulse, making sure you were still alive. you’re 25, but you don’t feel 25, you feel 105, you feel stuck and lost at the same time; you feel trapped, but also petrified, because the thought of freedom scares you. you’re 25 and it feels like the world has moved on five years ago; it feels like you’re arriving at the party that’s been over for a while, everyone’s gone and it’s all stale pizza and leftover cheap wine, and 90s music that you feel like you should know, but you don’t. you’re 25 and everyone’s talking about a quarter-life crisis and you think that maybe, you know how it feels - it tastes like microwaved food past the expiry date, and smells of bleach and mould; it sounds like sunday phone calls and pretending that this is the life you want; it feels like the anxiety of rent that is too high, and a job that feels like a noose around your neck, because you’re becoming the person you hate. you’re 25 and you’re not having fun. you’re 25 and you feel guilty, you feel wrong, you feel like you don’t belong; because this is not what 25 is supposed to feel like - it’s meant to be all sunrises by the ocean and drinking without hangovers and laughing from your belly and kissing boys who don’t make your hands tremble. you’re 25; this is your life and it feels like you’re doing it wrong. you’re 25, you’re scared, and you are lost. you are 25; you’re not alone.
— marina v.the quarter-life crisis.  (via findingwordsforthoughts)

20150428

...and the story goes....

The worst decision I've ever made: berhenti nulis blog!! Satu setengah tahun lamanya ga nulis *nggak usah ngurang-ngurangin deh ken*, hanya karena punya kesibukan lain. hanya karena punya kesibukan nulis yang lain.

Dan saya menyesal.

Terlalu banyak yang terjadi setelah traveling ke prague sama artha bayu vindi tahun lalu (it was 2013 by the way).

Pergi ke hamburg dan berlin bareng si anggie koncek; ketemu hasbi temen sekelas waktu kelas 3 di TN, yang baru pertama kali ketemu sejak menginjakkan kaki di jerman; ketemu sama si berisik vanessa engelen (dan udah ketemu 2x lagi sejak waktu itu); reunion with kinan dan anik stephanie. Hape yang ilang waktu ke prague, udah beli lagi, dan rusak lagi waktu perjalanan ini (hey, why am I never lucky with gadget?)




Setelah dari hamburg, saya pergi ke berlin (lagi) kali ini gara2 urusan BA yang... harus diceritain separately... karena it would be one of the biggest event in my life. Dan bulan mei 2014... my first ever Kpop konser!! Saya dan Akina nonton BAP di Düsseldorf! The fanchants was loud; the boys were superb! Saya ketemu beberapa fans juga yang baik-baik banget; I wonder there would be no one who wants to read about the report but yeah I wrote it. 




Ah, remember Kris Wu, the one from exo? the one that I claimed as my future husband? LOL iyah, dia keluar dari exo dan saya patah hati banget. sempet ngambek nggak mau online dan nggak mau ngerjain tugas selama tiga hari (it was that bad) dan sejak saat itu exo udah berkurang jadi 10 member dan bahkan ada rumornya bakal jadi 9 atau bahkan 8. OTL coba urusin hidup kamu sendiri ken, jangan ngurusin exo. 

Di summer 2014, saya alhamdulillah bisa traveling ke Budapest dan Vienna! Ah, itu cantik banget. Kota-kotanya secantik prague, bahkan Budapest jadi kota terfavorite saya setelah Rome! Saya pergi kesana sama culinary partner, Sandi Sanjoyo, pecinta AKB48 dari Aachen (jadi kita kenal dan deket juga karena ngomongin tentang idol haha-- no wonder banget kita cocok lol) 



Di summer 2014 juga, saya pergi ke Wilhelmshaven ngunjungin si Pia Boldt, temen ngellner jaman di Saarbrücken dulu; saya nginep di tempat dia selama dua hari, yang ngebuat saya berjanji saya nggak bakal punya kucing peliharaan karena mereka ngerepotin banget hahaha




Oke. Setelah ditulis-tulis gini ternyata saya sering banget traveling ya tahun 2014 hahaha traveling ga mesti sih, yang jelas jalan-jalan ke luar kota, karena saya pergi ke Karlsruhe untuk ngerayain lebaran 2014! Sebenernya lebih karena Tante Sulis dan keluarga, alias keluarganya novindi, alias keluarga yang dulu saya tinggalin waktu di jogja dengan tidak tahu malu,  ngunjungin si nopi ke Jerman (bu, pak, kapan aku dijenguk T.T) dan si akina sama vega, düssi mädels, pada auslandsemester ke indonesia, jadi saya sendirian akhirnya saya pergi juga ke karlsruhe :D 




Di akhir tahun 2014 saya nyempil honeymoon kakak sepupu tercinta, mbak reni dan mas fauzan ke Amsterdam!! Yoohoo!! walaupun udah 3x ke amsterdam, walaupun udah 2 tahun lebih nggak ketemu, tetep seneng bangettttt!!! Kita jalan-jalan kesini kesana, nyobain pommes with joppie sauce, mereka bahkan ke vapiano, tempat saya kerja (versi amsterdam), ngupilin fotonya Van Gogh, hahaha yes, we did stupid things!! 





Di awal tahun 2015 saya alhamdulillah nyelesaiin BA, dan saya officially graduated!! --tetep butuh separate post. Dan setelah 3 tahun nggak pulang ke rumah, Indonesia!!! HERE I COME!!! Si sepupu-sepupu yang dulu masih krucils, sekarang udah gedeeeee banget, udah cerewet, udah pada punya pacar, udah tau pengennya apa. hix. kembalikan sepupu2ku yang dulu OTL 
Saya juga ketemu sama lukie tarie :) kesayangans sejak SMA *peluk* dan yang paling mengesankan saya ketemu juga sama si nicorobin alias R hahaha si sahabat pena di dunia maya; kita udah setahun lebih ngobrol via internet forum, dan kita sempet nggak tahu kalo kita sama2 orang indonesia hahhaa usut punya usut dia orang jogja hahaha 



Sampe disini dulu quick update tahun 2014/2015 (udah kayak tahun ajaran baru aja) saya akan usaha biar blog ini tetep berjalan sampe selama-lamanya. HURRAY!!


xoxo,
kaniamehta (eh biasanya saya nulis apa sih di closing. lol)

20140315

was zum essen: in Prague!

hwoah ini perginya dari kapan juga, bahkan udah sampe ganti tahun, tapi belom juga di post. hehe
maaf yah *sorry not sorry*
baru sadar tadi pas nge-post another ngemeng quotes, ternyata post pertama di tahun 2014 ditulis pas bulan maret! nggak mutu lu ken.
haha anyways.. kalo kamu pergi ke Prague, kota tua yang indah banget, di daerah Cekoslavia sana, wajib banget wisata kuliner! *kayaknya dimanapun tetep wajib wisata kuliner kan ya


Don't hesitate to try street foods! 


Di Prague, banyak banget cemilan street food yang harus banget dicoba! Salah enamnya ada disini;

1. delicious grilled cheese
2. superb fried cheese... this tasted heaven! I swear!
3. Trdlo/Trdelink; I don't even know how to spell this. but it tasted like roti goreng if you asked me. tapi cara bikinnya yang unik. adonannya di gulung2 di atas kayu dan dibakar
4. another street foods, macemnya banyak banget dan mungkin cuma ada di christmas market
5. macaron raksasa
6. I don't know what it is! hahaha itu kayak biskuit yang dicelup coklat dan diisi sama rum fla. enak!!


Fine Dining around Charles Bridge Area



Sweets as Breakfast... in French Cafe!


You just can't leave out Asian Foods!



Wherever you are, eat good foods. Because life is too short to eat tasteless foods.


xoxo!