Efforts x 2 = Kania's Formula

Wew. setelah berjuta-juta tahun skip nulis blog dan banyak hal kejadian tanpa diabadikan, akhirnya saya buka-buka blog ini juga. Berawal dari buka blog satri yang masih bikin ngakak aja kalo dibaca, buka blog mas abim, buka blog dek imes, buka blog mas ivan, blog mailida, dan ternyata masih ada beberapa orang yang update blognya dengan setia (kata saya, si pengkhianat) dan setelah bersih-bersih debu, saya nemu draf ini!! Tentang kegagalan saya di masa lalu yang wajib untuk dimuseumkan, wajib untuk diinget, dan menjadi dasar semua cerita-cerita saya di masa depan. Draf ini ditulis tanggal 19 bulan Juli tahun 2015, disaat saya masih ada di negeri seberang.

***

Ada satu cerita penting yang harus banget saya tulis disini. Teasernya udah ada di instagram dari tahun lalu, tapi baru aja punya waktu *smirk* buat nulis. 

Pernah tau fenomena social media? Pernah follow account IG, twitter, path, facebook, dari temen-temen kamu, atau famous person yang isinya jalan-jalan kesini, makan-makan disana, kumpul-kumpul sana-sini? Have you been wondering what they do for a living? Kok seneng-seneng terus kerjaannya? Duit ngocor? >>>> sirikX100 

Saya pernah. Ga beda, saya juga sedikit banyak posting ini itu tentang kehidupan saya di IG/Path/FB; jalan-jalan, makan-makan, kumpul-kumpul. Tapi saya juga pengen nyeritain kehidupan saya yang ga selalu mulus. Kata bapak, "Sing kepenak wae, kalo nggak ada ya jangan diada-adain. Merendah itu lebih baik," 

Nah dari situ. Saya juga belajar jujur sama diri saya sendiri. Sama social media. Saya berusaha nggak nulis cuma bagian seneng-senengnya aja. Toh the bads and the goods, the black and the white, itu semua milik saya, dan itu semua yang ngebuat saya ada di sini. detik ini.  

Udah pernah baca post ini? When you hit rock bottom? Kalo udah, berarti udah pada tahu kalo perjalanan saya sampe disini itu berliku-liku. Cari kuliah, harus patah hati ninggalin indonesia dulu, waktu naik level ke Studienkolleg, harus prüfung dulu ohne Befreiung (kayak temen2 saya), harus pake pindah uni dulu, buat dapet tempat dimana saya bisa whispering, "I belong here," dan kali ini... saya nggak lulus Bachelor Prüfung. :( 

Kejadiaannya sekitar tahun lalu, Summer 2014. 2014 was hard. Kris dan Luhan ninggalin EXO (harus ya ken dibawa2), ada masalah di keluarga besar, dan ini pula pake nggak lulus ujian.

Saya ngerjain tugas akhir dengan sepenuh hati. Dari awal saya dan temen2 yang milih Prof. Puetz, udah rada mikir2; ini Prof. suka tega banget emang. Saya pernah denger dia nggak ngelulusin foreign students di second trial (di jerman istilah HER atau ngulang cuma diperbolehkan 2x untuk TA, kalo ga lulus untuk yang kedua kalinya, mereka di DO paksa), yang akhirnya mereka harus pulang ke negara masing2 nggak pake gelar :( 

Tapi ya saya mikir juga, "Hard work will never betray you," jadi di semester itu saya kerja ekstra keras. Karena emang udah terakhir juga ya. Disetiap session sama dia, dia selalu manggut-manggut dan setuju sama apa yang saya tawarkan; konsep gedung, dll dsb. Dia selalu setuju. Dan tiba2 di hari ujian.... tada!! Surprise! 

Ada professor lain yang dateng waktu hari saya ujian. Prof ini pernah ngebimbing saya di semester empat waktu saya ikut lomba arsitektur, dan kemungkinan besar dia udah punya high expectation, karena di semester empat, saya sempet menang juara dua di lomba itu. Setelah saya presentasi dan sesi tanya jawab (it was not even a question, it was more like statement) si Prof kedua ini bilang bahwa dia sama sekali nggak ngerti sama konsep yang saya bikin (wthhhh), itu ga masuk diakal bla bla bla. Dan yang bikin saya nggak ngerti lagi, si prof saya yang pertama, cuma manggut-manggut nge-iyain bahwa apa yang si prof 2 kasih tau itu bener? hah? padahal setiap minggu saya konsultasi sama dia, semuanya baik-baik aja. dan tiba-tiba dia nge-iyain bahwa konsep saya juga ga masuk akal? what? nochmal? 

Dan pada akhirnya saya nggak dilulusin dengan embel-embel, "Kami tahu kamu murid yang baik. Kami tahu kamu bisa lebih baik dari ini," ya ya ya /rolling eyes/ 

Patah hati. Itu bulan puasa dan saya yang lagi puasa 19 jam, tiba-tiba ketiduran habis nangis dan memperpanjang puasa jadi 23 jam. huks. 

Di semester selanjutnya, saya harus ngerjain ulang dengan pressure yang lebih besar. Takut nggak lulus, takut ngecewain orang tua, ngerasa ga berbakat, semua yang negative berkumpul jadi satu, berteman, menikah, dan bereproduksi. That was hell.

Waktu itu perasaan saya naik turun ga keruan. Setiap harinya selama enam bulan penuh! Saya bisa nih telfon vindi untuk curhat jam delapan pagi, nangis-nangis karena depressi, dan sepuluh menit kemudian ketawa-ketawa ngomongin korea. Setahun aja kayak gitu, saya bisa gila.

Pernah nih, saya merasa feeling good dengan hasil koreksi saya hari itu, dan terus ngerjain di kampus sampe malem. Jam 12 malem saya pulang dari kampus jalan kaki di sekitaran Kaiserswertherstr, masang earphone dan iPod dan tiba-tiba keputer lagunya sheila on 7 yang "Selamat Datang" dan saya bisa mewek sesenggukan sepanjang jalan.

Lagu-lagu keramat yang nggak boleh keputer sembarangan adalah "Selamat Datang" dan "Perhatikan, Rani" -nya Sheila on 7, The Climb-nya Miley Cyrus, dan Fear-nya Song Mino ft. Taeyang (tetep harus ada koreanya). Sekali denger lagu itu, saya bisa langsung mewek ga berhenti (lemah kamu, dek!)

Yang paling sedih adalah seumur hidup baru kali ini saya baru ngerasain beneran namanya nggak bisa tidur. Puncaknya adalah empat malam berturut-turut ga bisa tidur. Saya sebagai anak yang gampang banget tidur dan suka merasa rugi kalo tidur (makanya hobi nonton korea sampe jam 3 pagi), dan kali ini dapet insomnia, it felt like hell. Rasanya udah capek, dan harus bangun jam 5 pagi untuk ngerjain tugas, tapi jam 4 saya masih belum bisa tidur. oh gosh. Kalo inget itu aja sekarang saya masih trauma.

Tapi alhamdulillah, saya bisa ngelewatin itu semua :") untuk orang lain mungkin lulus S1 sesuatu yang biasa, apalagi lulus di umur 24, itu bisa aja jadi hinaan seumur hidup. Tapi untuk saya, ijazah ini adalah sesuatu yang precious. Bukan cuma karena kesuksesan saya, tapi itu jadi pengingat seumur hidup bahwa saya pernah gagal, bahwa saya bisa bangkit lagi setelah saya jatuh.

Alhamdulillah.

***

Nyesel banget cerita ini baru bisa dipost sekarang. Semoga bisa menginspirasi orang-orang disekitar, kalaupun enggak, saya yakin ini akan menginspirasi saya sendiri di masa depan. Amin.

Jadi apa hubungannya dengan EffortsX2=Kania's Formula?

Saya memang tidak brilliant dari dulu, bukan tipe pelajar yang effortlessly dapet ranking 1 tanpa belajar. Bahkan dengan belajar pun saya bisa tetap gagal. Tapi ga papa, karena itu hidup saya, saya yang jalani, walaupun saya harus kasih effort 2 kali lebih banyak sebelum saya sukses. Dan saya ulangi lagi kata-kata si prof Niess (yang pernah nggak ngelulusin saya itu), yang pernah saya tulis juga di blog ini,

"When you decide to go back, you won't go all the way back to your start point, but one step further with more knowledge and definitely stronger than before"-Prof.Robert Niess

Bismillah to the future!


xoxo

PS. updated with photographs. Sayangnya foto2 yang lain ilang huhuhu TT.TT kayaknya ada di kamera tapi entah siapa lupa yang ngapus

Kania dan maket, jam 10 malam sebelum hari pemancungan

Kania dan Meral, si turki BFF, muka uwel-uwel setelah naik-naik meja pasang plot A1

Nopi, Kania, dan Arzu, sebelum penyerahan ijazah.. sayang foto yang lain hilang hiks<3 :="" foto="" hilang="" lain="" sama="" sayang="" td="" temen2="">

Kania dan kesayangan, Novindi, what can I do without you nopiii <3 nbsp="" td="">









Comments

Popular Posts