Good News From Semesterende

Happy Holiday people *bagi yang merayakan, karena temen2 saya masih banyak juga yang baru mulai ujian*

Semester empat berakhir sudah. Buat yang demen banget nanya, "Kania kapan selesai kuliah?" saya sekarang udah bisa jawab, Insya Allah tahun depan kalo semua lancar. Amiin.. Lagian sih heran demen banget nanya kapan orang lain selesai kuliah *dongkol* hahaha gini nih nasib orang yang kuliahnya lama, langsung sensi kalo topiknya udah nyenggol kapan kelar. hahaha yaudah sih ya orang kan beda-beda kenapa situ yang ribut.

Semester ini alhamdulillah lancar.. nilai sebagian bagus, sebagian hancur lebur berantakan. Tapi yang penting lulus *sedih nggak sih ketika nilai bagus ga lagi jadi tujuan, yang penting lulus!* yang mau saya pamerin adalah hasil dari mata kuliah entwerfen atau design. Mungkin pamerin bukan kata-kata yang humble ya, tapi kalo kamu cerita ke orang lain tentang kamu bagus nilainya apa lagi dong kalo bukan pamer namanya? Pamer sedikit :D :D :D

Mata kuliah ini adalah mata kuliah momok. Dari semester satu sampai semester enam dan sampai tugas akhir, makul ini selalu ada. Dan nggak sedikit yang nggak lulus, bahkan semester kemaren ada 3 orang ausländer yang nggak lulus dan harus balik ke negaranya setelah kehilangan 3 kali Versuch. Kadang emang profnya terlalu tega :( Susahnya makul ini emang 60% penilaian subjektif profnya. higs

Tema dari design semester ini adalah "mengubah peternakan menjadi tempat tinggal" keren kan awalnya doang. Dari awal diumumin bahwa ini bukan makul biasa, tapi juga kompetisi. Dan pada akhirnya bakal dipilih 3 pemenang dengan jumlah hadiah sampai 800euro. $.$ saya sama sekali nggak ngincer menang atau duitnya, yang penting lulus, karena di makul ini nggak ada ujian ulangan, dan harus nunggu satu semester-satu tahun lagi untuk ngambil ulang. TEGA!  

Awal ngerjain saya punya 3 ide yang semuanya langsung di coret sama prof. Not acceptable karena terlalu nggak realistis dari segi biaya dan kebutuhan orang jerman (oh yeah. 200qm wohnung disini dibilang terlalu besar terlalu mahal dan nggak bakal ada yang mau nyewa. ckckck)

Setelah saya ngerjain proyek ini selama 3 bulan (maret-mei) dan saya sama sekali nggak puas dengan hasil kerja saya. Dan saya ngerasa buntu, bak writer's block. Saya mulai mikir yang enggak-enggak dan mulai takut bahwa saya nggak akan lulus. Rasanya gambar di depan komputer itu udah kayak hukuman dan bikin mual. Puncaknya saya pernah ngepost di instagram tentang ini: never hate any project like i hate this one. :(

Pada akhirnya saya bikin keputusan yang paling gila selama saya kuliah di FH D: buang semuanya, cari ide baru. Itu ide yang bener-bener fresh nggak ada sangkut pautnya sama ide yang sebelumnya. Kayaknya gampang? enggak sama sekali. Ngebuang jerih payah (yang beneran payah) selama 3 bulan dan ngeganti semuanya satu setengah bulan sebelum ujian? orang gilak.

Singkat cerita, gurunya ngasih approve (AKHIRNYA!) walaupun awalnya ngeremehin, waktu saya jelasin saya mau ganti design. Waktu hari ujian, saya juga udah deg-degan setengah mati presentasi di depan banyak orang, juga di depan jurinya. Yang penting buruan lewat, itu sih doa saya waktu itu. Alhamdulillah, berkah puasa, berkah orang tua, berkah nggak tidur, dan berkah pizza buat sahur... semuanya lancar dan saya dapet beberapa pujian.


Waktu pengumuman, nggak ada feeling sama sekali bakalan menang. Dan ternyata saya juara dua! woohoo! Alhamdulillah dapet uang 150euro yang sebenernya balik modal, karena bikin model sama plotting kan butuh uang juga. hahaa yang penting lagi alhamdulillah dapet nilai bagus 1,3. :)

Saya cerita ke orang tua saya dan kata bapak:

it's not about the prize. it's more important to know the process and to know that you can do everything you want if you work hard. 

Dan karena saya anaknya bapak. hahaa :"D 

Hikmah yang saya petik dari kejadian kali ini, nggak semua jalan itu lurus, kamu nggak bakal langsung sampe ke tujuan dengan mulus begitu kamu start engine. Kadang butuh jalan muter, kadang butuh berhenti sebentar tarik nafas. but it's okay. that's your way. you know your goal. Prof. Niess juga pernah bilang di awal proyek, 

"When you decide to go back, you won't go all the way back to your start point, but one step further with more knowledge and definitely stronger than before"-Prof.Robert Niess

keep trying is more important,
xoxo

Comments

Di said…
Hallo Kania, salam kenal ya. Gw nyangkut di blog lu dari blog nya Tantya :) Bagus deh maketnya rapiii. Tos jarak jauh dari sesama student Indonesia yang kuliah arsitektur di Jerman :)
kaniamehta said…
Halo Di Ra
salam kenal architecture mate! haha
Kita sama2 didera sama maket dan pläne ya TT.TT
kuliah dikota manaa?
:)

Popular Posts