Colours of istanbul


Colours of Istanbul from kaniamehta on Vimeo.

Merhaba, people!
Akhirnya ada waktu juga buat ngeblog. Minggu kemaren saya udah nulis 2 ujian, kelar ngerjain presentasi, dapet ide baru untuk entwurf, dan masih ada satu tugas yang ngantri minta dikerjain. Kerasa kan udah mulai atmosfer ujiannya (padahal hari H masih sebulan lagi)

Film di atas dibuat karena cuma iseng-iseng nyobain ngerekam pake si N. Hasilnya oke jugaa kaaann... walaupun ngeditnya syampah banget hahaa

Overall istanbul was great! superb! sayang saya cuma di istanbul doang dan nggak sempet ke kota2 lain. Na ja. no time no money tapi maunya banyak nih gini nih.

Between Istanbul and Indonesia 
Sesuatu yang bikin saya jatuh cinta sama kota ini adalah atmosfernya! kota ini hidup! untuk saya yang udah lumayan lama tinggal di jerman dan selalu kalo ada duit traveling ke negara2 schengen macem prancis atau swiss, kadang saya lupa rasanya jalan malem-malem dan ngeliat orang-orang masih sibuk jajan di pinggir jalan. lupa rasanya mbak-mbak jualan yang teteriakan "... ayo kakak diliat bajunya..". lupa rasanya denger klakson bersahutan (oh yeah. di jerman pengemudi dilarang mencet2 klakson kalo nggak penting-penting banget.) Kebanyakan apa yang saya suka dari istanbul adalah ngingetin saya dengan indonesia.

Waktu saya kemaren di istanbul, saya tinggal di tempat temen saya yang berasal dari turki. Makanya saya bukan turis yang tinggal di hotel, kemana-mana naik metro atau taksi. Saya naik turun bus dan dempet-dempetan sama orang-orang turki yang baru berangkat atau pulang kerja. Saya ngeliat istanbul dari pojok turis yang bagus banget sampe pojok yang biasaaaa banget.

Kadang waktu ngeliat keluar jendela bus, saya ngeliat macem-macem yang bikin saya inget lagi kalau Leben ist hart. Hidup itu nggak mudah. Orang-orang yang pergi pagi, pulang malem, berebutan tempat di dalam bus. More or less like Jakarta, maybe? Kadang kita terlalu enak duduk di dalem mobil yang ber-AC, sambil dengerin musik dan ngeluh ini itu. Ngerasa kayak kita yang paling menderita: hanya karena kepanggang matahari atau AC nggak nyala? wake up, baby.

Hidup di jerman ngebuat saya ngerasa dimanja sama transportasi umum, sama polisi yang bertebaran ada dimana-mana, sama birokrasi yang mudah, sama Rückgaberecht, sama Gleichwertigkeit yang bikin semua orang jadi punya hobi Beschweren dan Klagen. Di negara lain, di tempat lain, nggak senyaman ini sayangnya.

....saya ngebaca lagi paragraf di atas dan bingung.. kenapa post saya jadi serius gini sih -..- kebiasaan ngalor ngidulnya nggak sembuh-sembuh ya ken.

Favorite Moments
Balik ke istanbul dan setiap sudutnya yang indah banget. Istanbul.. i'm in love. ada dua tempat yang saya disana betah berlama-lama:

1. Cafe-cafe dan lika liku gang di sekitar Galata Turm


2. puncak pierre loti cafe


and favorite moment: on the deck of a ferry from prince island back to kadikoy. i can't put into words what i felt: it was unreal, like magic. Angin pantai, bau laut, suara seagull, sunset, debur ombak, bunyi mesin ferry, suara obrolan orang-orang, semua lebur jadi satu... magical moment! karena saya nggak dapet tempat duduk, saya harus berdiri selama hampir dua jam. walaupun di dalam dek banyak tempat duduk yang masih kosong, terlalu sayang rasanya untuk ngelewatin momen ini gitu aja! zu schön!



Happy Ending
Saya juga sempat ikutan Art Projectnya mahasiswa disana. Jadi kita harus nulis kenapa kita pengen terus hidup.
I wrote ... because someday we will have a happy ending. everyone deserves happiness!



Istanbul Seni Seviyorum!
i will come back again someday

xoxo





Comments

Pavi Astasari said…
halo kak kania, ini priska pavita, aku mau ngabarin, aku buat blog baru heheh tp isinya yg sekarang lebih ke tulisan aku pake bahasa indonesia gitu. btw nice trip! seru bgt ke turkinya! hehehe :D
kaniamehta said…
aku pasti mampir ke blog baru kamu! yuhuuu!

Popular Posts