"Cita-cita?"

Kayaknya orang terakhir yang bertanya formil, "Cita-cita kamu apa?" adalah guru SD kita. Dan waktu saat itu kita langsung jawab dengan cepat, jawaban klise: presiden, guru, dokter, atau arsitek. Dulu waktu kelas 4 SD, saya pernah bikin tugas cita-cita dan saya nulis "drummer, florist (tukang bunga), dan penyiar radio" emang dari dulu saya selalu mikir outside the box. tapi cuma mikir doang nggak ada actionnya. hahaha 

Hari Selasa minggu kemaren saya ketemu sama bang Crissena dan Mas Johny Setiawan. Usut punya usut ternyata mas johny adalah peneliti di Max Planc Institut, salah satu penemu planet luar surya. Dan namanya ada di Wikipedia bok! ya ampun kalo aja ya, waktu pertama kali ketemu saya tahu betapa 'big'nya orang ini, saya nggak bakal berani ngomong ama dia kalik. 

Sambil nunggu S-Bahn tiba-tiba dia bertanya, "Cita-cita kamu apa?" saya langsung diem dan nanya maksudnya cita-cita kayak apa. Detik itu saya sadar, susah menjawab pertanyaan sesimpel itu. Kenapa saya nggak bisa ngejawab apa yang Mas Johny tanyain, tanpa harus bertanya balik cita-cita macam apa yang dia maksud. 

"Cita-cita saya punya bibliothek (perpustakaan). Kalau saya udah punya bibliothek, istilahnya mati besok juga nggak papa" kata mas Johny. 

Ah maksudnya itu..

Saya pernah cerita di salah satu post saya tentang plan/goals/dream that i have. saya nulis di point nomor f kalo saya pengen punya proyek asrama untuk anak-anak disable kayak di film one litre of tears. Saya pengin asrama yang besar dan bersih, halamannya luas, tanpa tangga (untuk anak2 yang pake crutches atau chair wheels), yang kalo mereka tinggal disitu mereka bisa merasa di rumah, tanpa ada yang ngelirik "oh lo cacat" dan semua anak harus berusaha sendiri semampunya untuk hidup sehari-hari. Disitu bakal disediain semua yang mereka perluin kayak mini market, GOR, lapangan track, kalo perlu bukan cuma gedung tapi juga komplek sekolah kayak TN. Semoga terwujud. amin ya robbal alamin ya Allah...

Jawaban dan pertanyaan di atas kayak bikin saya sadar bahwa cita-cita emang harus ditanyain lagi untuk orang-orang dewasa. Dan bikin saya sadar, bahwa jawaban dari pertanyaan itu sama sekali nggak simple dan nggak bisa cuma satu kata klise kayak kita SD dulu. 

Saya selalu seneng ngeliat orang yang cita-citanya tinggi. Saya selalu salut sama mereka. Dan saya selalu tiba-tiba ikut semangat kalo denger cerita mereka, atau mereka lagi ngejelasin apa yang mereka mau lakuin di masa depan. Temen sekota saya yang bareng dari sd smp sma pengen ngelanjutin sekolah ke luar negeri. dan waktu ketemu ibunya di rumah, si tante cerita kalo dia lagi belajar bahasa inggris dari awal lagi. Dan entah kenapa denger itu saya jadi seneng banget dan ikut semangat! Beberapa hari yang lalu saya juga cerita-cerita via bbm sama si teman dari masa lalu. dia cerita kalo dia pengen jadi dosen (sekarang dia kerja di salah satu bank ternama) dan pengen ngambil course lain lagi. saya langsung senyum-senyum kayak orang gila! hey! saya seneng banget kalo denger orang yang 'nggak cepet puas'. dia udah punya kerjaan tetap gitu loh! kemaren saya juga bbm-an ama abang tn yang udah lulus arsitek ITB dan dia bilang dia pengen ngambil S2 di harvard! Keren banget nget nget! Semakin tinggi cita-cita mereka, saya sebagai pendengar juga semakin bersemangat sumpah! Semangat untuk bikin cita-cita saya terwujud juga, karena tahu di belahan dunia yang lain ada banyak orang yang juga lagi berusaha. saya berdoa sungguh-sungguh dalam hati semoga kalian semua diberi jalan terbaik oleh Allah untuk mencapai cita-cita. Amin min min min *bergema

Yang terpenting adalah kita punya cita-cita. Jangan takut gagal. jangan malu untuk cerita apa cita-cita kita. Jangan mikir itu nggak mungkin terjadi, walau kedengarannya imposibble. Yang seharusnya malu adalah kamu-kamu yang nggak punya cita-cita. Yang ngelangkah kemana angin berhembus. Ikut pergi kemana ada temen. #YOLO 
Nggak papa kalo apa yang kamu lakuin sekarang nggak 'sejurus' sama cita2 kamu, asal kamu selalu inget di hati kecil kalo kamu punya sesuatu yang belum terwujud. Semua yang terjadi adalah batu loncatan dan pengalaman. Misalnya, nggak papa kalo kamu harus kerja jadi sekretaris dulu sebelum kamu jadi announcer. Tapi jangan puas jadi sekretaris walalu gajinya gede, karena kamu belum selesai. 

Saya paling nggak bisa ketemu orang yang nggak tau istilahnya 'nggak tau besok gimana'. Habis kuliah  ngapain? nikah. (ya nikah juga bener sih nggak ada salahnya) Kenapa ngambil penjurusan ini? soalnya gajinya gede. Kenapa spesialisasinya itu? Indonesia butuh. You dont have any passion, do you? Ih terserah deh indonesia lagi butuh atau enggak. Emang urusan kita? (kalo kebaca ikastara langsung dibilang ga nasionalis pasti. malu ken lulusan tn) tapi emang kita mau ngebuang hidup kita buat orang lain? bilang saya egois. biarin wek. Tapi dengan cita-cita kamu, gimana pun caranya pasti ada jalan lain untuk ngebangun indonesia. Nggak harus kan kalo indonesia butuh dokter, kamu jadi dokter, indonesia butuh keadilan, kamu jadi hakim. Janganlah saklek kayak gitu. Kita pasti bisa ngebangun indonesia gimana pun caranya kecuali cita-cita kamu jadi teroris

Like usual post saya pasti ngebleber kemana-mana. yaaaahh gimana dong kebiasaan nggak bisa dirubah. harap dimaklumi aja ya. 
sebenernya saya nulis-nulis gini biar saya jadi semangat lagi. kamunya? semangat nggak baca tulisan saya? :3


réaliser vos rêves
επιτύχουν τα όνειρά σας
꿈에 도달
jõuda oma unistused
Verwirkliche deine Träume
bereiken van uw dromen
reach your dreams,
xoxo

Comments

Victor Gavrila said…
like this very much!!!
giliran tulisan lo yg bikin gw jingkrak2 kesenengan ^^
Pris said…
bagus banget kak postnya! membangkitkan semangat sekaligus bikin aku malu abis-abisan hahaha :$
kaniamehta said…
thanks victor und priskaaa.. ayo semangat! masa depan di depan mata!

@priska no galau lagi loh ya! semangat! :)
Pris said…
halo kak duhh malu deh aku di blog baru aja galau lg, emg masih labil gt... dulu kakak ada homesick ga? gimana ngatasinnya? makasih lo kakak motivating bgt hehehe :)
kaniamehta said…
homesick normal kali, asal ga berlebihan hehe. always give space to yourself, do what you really wanna do, keep busy, and expect nothing.
kadang karena ekspektasi kita tinggi makanya rasa sedih dan kecewa juga semakin gede, ya ga sih?

*sotoy kali ken, padahal masih suka labil juga* hehe

Pris said…
hehehehe iya bener sih kak, jgn terlalu overthink juga dan jalanin aja :p makasih kakk, semangat! :D

Popular Posts