was zum essen: in Holland

Waktu saya nulis trip ke holland saya udah janji mau ngasih Food Review. Biar keren, saya kasih judul WAS ZUM ESSEN *nggak ngerti juga kerennya bagian mana* lol 

Holland termasuk kota yang muahmuahmuahal buat soal makanan. Nggak ada gitu Kebab 3,5euro-an disana. Hal ini ngebuat saya resky dan anik selama disana sering banget makan Junk Food. dari BK (bahasa gaulnya anak Ams buat Burger King) McD sampe KFC udah dicobain semua deh. Si resky sempet juga sekali beli Burger Klenger versi Amsterdam, yang muahal gila, hampir 7 euro kali harganya. sayang banget nggak ada fotonya. yang unik, dagingnya di gram-in dan ada jenis2nya juga. Kalo nggak salah jenis yang paling mahal itu Sapi Kobe (atau apaa gitu namanya), yaitu Sapi yang udah dipijet dari dia lahir, jadi dagingnya kenyal kenyal asoy.

Apple Pie Keukenhof
Makanan pertama yang saya beli di Ams adalah Apple Pie. okelah emang bukan khas belanda. tapi namanya belum sarapan, mau gimana lagi. saya beli itu di Keukenhof. menurut saya sih nggak begitu enak dan kerasa banget itu bukan homemade, mungkin mereka beli di AH (Albert Heijn). Rasanya terlalu manis, padahal saya erwartet rasanya bakal kecut karena apelnya. Pie-nya juga nggak crust.

Malemnya saya ketemu sama kak vidi dan yosua. kita akhirnya mutusin buat makan di aduh namanya lupa. tapi itu tipikal resto yang sering banget di Ams. Mereka nawarin All you can eat spare ribs (dan jelas itu babi) just for 13euro. karena saya resky dan kak vidi nggak bisa makan, akhirnya kita pesen Lammkoteletts Steak gitu for 9euro. Lupa ngambil fotonya hehehe. Saya nggak tau kalo di resto lain gimana, tapi pelayanan di resto ini sama sekali nggak memuaskan. mereka yang makan spare ribs harus nunggu super lamaaaaaaaaaaa buat nambah dan pada akhirnya spare ribsnya abis. ngeselin buanget. pokoknya jangan pernah makan disana!!! graooooo

slush ice
stroopwafel
Waktu kita di Zaanse Schans, kita sempet beli Slush Ice. enaaaaak bgt yang warna biru. nggak tau rasa apa. yang jelas itu pewarna sih, karena habis minum terus lidahnya ikutan biru gitu. minuman ini nggak cuma ada di belanda, karena di Pizza Hut Saarb aja jual. Tapi ini minuman cocooooookkk banget sama cuaca di zaanse schans yang panas. Disana kita juga beli Stroopwafel, waffel khas belanda yang enaaaaakkk bgt. kata Ochu, belum ke belanda kalo belum makan Stroopwafel. Stroopwafel ini wafel keras yang isinya karamel, sedikit terlalu manis buat saya. jenis makanan ringan yang lumayan berat, artiya kalo nggak sarapan, makan ini pun kenyang lol

Ayam Rudjak
Di Belanda banyaaaak banget rumah makan indonesia dan saya berani taruhan kalo rasanya enak semua. Bisa ditebak, kita juga nyempetin makan disana. Namanya "De Bojo Restaurant" OMG enakkkkkkk bgttttttttttttt. anik dan feiling pesen nasi rames special. saya pesen ayam bandjar, dan resky pesen ayam rujak. porsinya super gede dan super enak. serius loh. saya nggak asal muji. karena saya juga masak *ehem* dan rasanya si resto bojo ini pake bumbu rahasia asli yang indo banget dan super kompliziert. nggak asal pake sambel ulek. lol saya paling takjub ama nasi ramesnya yang super lengkap. dari telor, oseng buncis, ayam, empal, dan sambel. Ayam rujaknya juga enak banget, rasanya segar banget. punya saya juga nggak kalah enak, ayam bandjar yang kecut-manis-pedas. NYEM!!
Ayam Bandjar
Nasi Rames Special 
ikan hering asap
Waktu saya ketemu sama Ivan, dia bilang jangan sampe lupa beli ikan Hering kalo pergi ke Den Haag. Karena jadwal mepet, akhirnya saya ama resky beli ikan hering di Volendam. Saya rada sangsi kalo rasanya enak sih. hahaa karena pikiran saya ama ikan mentah adalah amis (kecuali sashimi tentunya). Saya dan resky beli dua jenis (masing-masing harganya 2 euro) hering asap dan hering mentah. dan pada gigitan pertama saya langsung terharu saking enaknya. nggak ada lagi rasa amis di ikan hering mentahnya, mungkin karena sebelumnya udah dicuci pake air lemon. taburan bawang bombay di atasnya juga bikin rasa ikannya makin keluar. buat ikan asepnya saya kasih nilai 8 dari 10. enak sih, tapi yaaa gitu doang rasanya. mirip bandeng asep (nggak juga sih). sebenernya yang paling enak karena saya ama resky makan di samping laut dan waktu itu masih pagiiiii banget jadi udara masih seger :) 
ikan hering segar

Ini post udah kepanjangan,, tapi masih ada 2 snack lagi yang pengen saya ceritain, aduh ini nih yang dinamain penulis egois. haha bodo ah kalo bosen ya monggo liat aja gambarnya nggak usah dibaca hehe
Sarapan saya dan resky hari keempat disana. kami sengaja nyari wafel yang udah berkali-kali kami liat di display toko roti. dan ternyata emang enak. walaupun buat wafelnya saya rada kecewa, karena dipikiran saya bakalan fluffy banget. Suikerwafel buat resky dan buat saya pecinta makanan asin, pikant broodje. Pikant broodje enak banget. asinnya pas dan ada rasa kayak dagingnya, padahal nggak ada. roti ini bukan khas belanda, tapi tetep enak buat nemenin sarapan. segitu aja deh Food Review dari saya. maaf yaa kawan-kawan kepanjangan, soalnya kalo nyeritain makanan saya semangat banget sih hehehe

pikant broodje
suikerwafel





Comments

Anonymous said…
Wiiii...Kania kerjaannya jalan2 n makan mulu nih :P
kaniamehta said…
hahaha iyaa nih diiinn.. gimana dong yaa, aku malah nggak belajar2. hihi diniiii sini dooongggg. jangan kerja terus haha

Popular Posts