was zum essen: in Duesseldorf

ini nih akibatnya, kalo lagi sering jalan tapi males ngeblog, jadi banyak banget materi blog yang keteter dan efek spesialnya jadi tiap minggu ngejar setoran.

Banyak banget orang yang komen, "ih keni jalan-jalan terus, enak yah" soalnya pada baca di blog doang sih. hari ini report was zum essen di frankfurt, kemarennya di holland, sekarang di duesseldorf. Ya iyalah kalo gitu. sebenernya perjalanan itu nggak berturut-turut, gara2 ngeblognya jarang-jarang aja hehe dan tujuan perjalanannya pun juga macem-macem. nggak kayak Pak Bondan maknyus lah yang udah jalan, dibayar, special buat makan doang lagi. graoooo *sirik

anywaaaaaaayyy, udah pada tahulah yaaa.. saya ada Aufnahmepruefung di Duesseldorf beberapa waktu lalu. Duesseldorf itu kota gedeeee banget, hampir mirip jakarta kali yaaaa. Kotanya super rame. dan yang jelas banyak restaurant-nya.

harga makanan disini cukup mahal. saya tiga kali makan disini. siang pas saya nyampe, makan kebab yang harganya 4 euro. dan salah pilih banget karena nggak enaaaak! jangan pernah milih kebab yang tepat didepan Hauptbahnhof yang main deco-nya berwarna turqouise.

Duesseldorf ini punya satu jalan gede yang kanan kirinya penuh dengan asiatisches Restaurant gitu. Jepang, Korea, Cina, Vietnam, semuanya ada. dan yang paling banyak adalah resto jepang, karena duessi juga juga terkenal dengan banyaknya peranakan jepang disitu. Yang kocak lagi, ada beberapa restaurant yang dari menu, banner, dan lain sebagainya 100% dalam bahasa jepang. kayak nggak niat jualan di jerman sumpah. haha jeleknya sih turis kayak saya, yang notabene punya maksimal harga buat makan, jadi nggak tau range harga di resto itu seberapa.

Saya mampir ke salah satu kedai namanya "My Noodle House" yang punya asli jepang dan interior di dalem restaurantnya emang kayak imbiss jepang gitu, yang ada buat makan di Bar, tepat di depan kokinya. kayak di komik Conan di case "Ramen is so good. it's to die for.."

Ramen is so good. it's to die for ;)
Saya disitu pesen Ramen mit Ente atau apaaa gitu (sumpah lupaaa..). Dan itu SUPERRR OISHII! mangkoknya segede baskom dan bisa ditebak porsinya gede banget. Rasa kuahnya leicht banget, jadi nggak kentel dan nggak bikin enek. Seger banget. Cocok banget sama cuaca yang waktu itu masih rada dingin. Kalo pesen Ramen di sini, kita bisa pesen extra Eier dan extra Gemuese tanpa bayar lebih. Harganya si Ramen Ente ini 9,50 euro. Cukup mahal. tapi kalo ngeliat gede porsinya dan potongan Ente yang berjajar, harga segitu bisa dibilang pas.

Mereka punya banyak Kunden tetap, diliat dari mereka nyapa si kunden satu-satu. Dan bukan cuma orang jerman juga, bahkan orang jepang (atau kebalik ya?). Yang paling laris di kedai ini adalah Gyoza-nya. Karena saya makan sendirian, jadi saya sering nguping orang pesen apa. hehe dan Gyoza-nya emang paling banyak dipesen. Sekitar satu jam saya duduk disitu, bisa dibilang (hampir) nggak ada kursi kosong. jadi orang-orang datang silih berganti.

Yang lucunya, semua saos dan kecap dsb yang ada di meja, semuanya pake tulisan jepang, tanpa ada keterangan bahasa jerman-nya sama sekali. sayang saya nggak banyak foto, karena dia emang cuma kleine imbiss, jadi sekali jepret semua orang nengok ke arah saya.

Kalo kalian irgendwann mampir duessi, mampirlah ke jalan jepang ini, ada banyak pilihan restaurant yang menanti!

Itadakimasu!
xoxo

Comments

Popular Posts