Day 10- In this past month, what have you learned

Hal random yang saya pelajarin bulan ini? jangan lupa bawa sarung tangan, muetze, dan boots kalo lagi pergi pas cuaca jelek gini (baca:winter). schokolade di htw ga perlu dikasih gula dan itu udah cukup manis. kerjain hausaufgabe dari jauh hari jangan mepet pas dikumpulin, apalagi kalo ga demen tidur pagi. bawalah selalu kantong belanjaan kemana aja, kita ga pernah tau nanti mau belanja atau enggak. jangan pake kacamata kalo lagi hujan atau salju, kalo kamu ga punya payung. kalo winter gini siap-siap jalan kaki karna kadang-kadang ga ada bis kalo cuaca super jelek.

Bulan lalu, saya masih bingung banget kalo disuruh gambar Grundriss, Ansichten, tapi alhamdulillah sekarang saya udah dapet soulnya haha. saya yang bulan lalu rada rada takut kalo lagi vorlesung, takut nggak ngerti takut kalo presentasi, bukan takut kali ya kata yang tepat, mmm enggan mungkin ya. dan sekarang saya udah rada santai ngehadepin semua yang berlangsung di htw.

selama sepuluh hari ngerjain 30 days of challenge ini saya ngerasa jadi lebih ngenal diri saya sendiri. dan insya allah di hari kedepan-depannya. dan saya jadi sadar bahwa bikin dan nulis di blog itu, selain jadi konsumsi orang lain atau pembaca, itu juga jadi salah satu jalan ngenal diri sendiri. nyari jati diri. dan saya jadi tahu apa yang saya mau.

ini mungkin sesuatu yang saya pelajarin ga bulan lalu ya, tapi beberapa bulan belakangan ini tapi saya rasa saya tetep keukeuh nyantumin disini, bahwa cita-cita itu harus dikejar, bukan ditunggu. dan kita emang seharusnya ngejar cita-cita dan mimpi, bukan ngejar pekerjaan.

akhir-akhir ini saya sadar, kalo temen itu selalu datang dan pergi. kita bisa hidup tanpa mereka. mungkin sedikit hampa, tapi machbar. dan pada dasarnya kita ini makhluk yang individualitasnya tinggi. Friends maybe last forever, but they are not always there.
hal lain yang saya sadarin, kalo ngutamain kebahagiaan diri sendiri itu penting. buat pelarian kecil di tengah-tengah padatnya dunia yang ngebuat kamu ga stress. intinya quality time for yourself deh.
saya juga sadar kalo life is not so easy as it seems. you must struggle. kamu harus keluar dari lingkaran santai dan jalan aman kalo kamu mau berhasil.

mungkin bulan ini saya sadar kalo saya mungkin udah sedikit berubah.

Comments

Popular Posts